Rabu, 13 Januari 2016

Pemanfaatan Telematika


Di zaman yang sangat maju akan pemanfaatan teknologi ini berbagai bidang seperti pendidikan, bisnis, maupun pemerintahan sudah memanfaatkan ilmu telematika di dalamnya. Ilmu telematika sangat berguna dan memiliki banyak manfaat di zaman yang modern ini. Salah satu pemanfaatan ilmu telematika di bidang pendidikan adalah adanya e-learning. E-learning merupakan cara baru media pembelajaran secara komputerisasi khususnya internet dalam pembelajarannya. Contoh dari berkembangnya dunia pendidikan dari cara belajar dan mengajar secara tatap muka ke cara yang lebih terbuka melalui internet. Kegiatan seperti memberikan materi belajar, melakukan ujian, mengirim tugas, mengecek nilai dapat dilakukan secara elektronik. Perkembangan e-learning didukung dengan banyaknya web pendidikan yang dibangun sehingga memudahkan pengaksesan pendidikan oleh siapapun yang ingin belajar.E-learning ini tidak selalu menggunakan internet tapi juga ada pembelajaran multimedia secara offline. Sudah banyak software e-learning saat ini yang dapat diakses secara offline, biasanya menggunakan kaset dvd/vcd yang berisi materi-materi beserta soal latihan. Contoh e-learning yang pernah saya coba adalah vclass. Hal tersebut cukup efektif dalam memanfaatkan teknologi untuk belajar. Pada vclass kita akan diberi materi untuk dipelajari setelah itu ada latihan seputar materi yang diberikan sebelumnya yang harus kita jawab. 



Tidak hanya e-learning contoh lain pemanfaatan telematika di bidang pendidikan adalah e-book. E-book merupakan buku elektronik yang dapat di akses secara elektronik contohnya dari komputer. Dengan adanya e-book kita dapat belajar melalui komputer, selain itu dengan adanya e-book kita juga dapat menyimpan sebanyak-banyaknya tanpa harus membeli buku.
Selain e-book terdapat juga e-library yaitu perpustakaan elektronik. E-library ini berisi kumpulan e-book yang dapat di akses secara elektronik. Banyak keuntungan dari adanya pemanfaatan telematika di bidang pendidikan ini, tidak hanya untuk mempermudah proses dalam belajar mengajar, dari segi ekonomi pun sangat menghemat, contohnya kita tidak harus lagi membeli buku dan menghemat ongkos jika belajar mengajar di haruskan menempuh jarak yang cukup jauh untuk dapat bertatap muka dengan guru atau dosen. Selain itu tidak ada batasan untuk siapapun mengakses pelajaran secara elektronik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar